Saturday, July 24, 2010

Manfaat Sarana Prasarana Pendidikan

MAKALAH
MANFAAT SARANA PRASARANA PENDIDIKAN


BAB I

1. Latar Belakang

Dalam penyelengaraan pendidikan, sarana prasaran sangat di butuhkan untuk menghasilkan KBM yang efektif dan efisien.
Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salah satu subsistem. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjang keterampilan siswa agar siap bersaing terhadap pesatnya teknologi.
Sarana prasarana merupakan bagian penting yang perlu disiapkan secara cermat dan berkesinambungan, sehingga dapat dijamin selalu terjadi KBM yang lancer.
Oleh karena itu uraian ini di maksudkan untuk memberikan inspirasi kepada sekolah bahwa kebijakan terhadap sarana prasarana yang di perlukan tergantung situasi dan kondisi tertentu.

2. Rumusan Masalah

Bagaimanakah pemanfaatan sarana prasarana pendidikan di sekolah ?


3. Ruang Lingkup Masalah

Penulisa akan membatasi masalah atau ruang lingkup mengenai manfaat sarana prasarana yang baik di sekolah.


4. Metode Penelitian

a. Kepustakaan
Melakukan studi pustaka terhadap buku-buku yang berkaitan dengan makalah .

b. Internet
Melakukan pencarian melalui internet mengenai hal-hal yang berhubungan dengan makalah.




BAB II
LANDASA TEORI

Abbas Ghozali, Ketua Tim Ahli Standar Biaya Pendidikan Badan Standar Nasional Pendidikan, mengatakan pendidikan dasar di Indonesia yang diamanatkan konstitusi untuk menjadi prioritas pemerintah masih berlangsung ala kadarnya. Pemerintah masih berorientasi pada menegejar angka statistik soal jumlah anak usia wajib belajar yang bersekolah, sedangkan mutu pendidikan dasar masih minim.

Padahal, soal sarana dan prasarana pendidikan di setiap sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tentang standar nasional sarana dan prasarana. Peraturan ini memberi arah soal keberadaan perpustakaan di setiap sekolah. [sumber: kompas.com]

Yanti Sriyulianti, Koordinator Education Forum, di Jakarta, Selasa (13/1), mengatakan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai standar nasional merupakan tanggung jawab pemerintah. Masyarakat bisa menuntut pemerintah pusat dan daerah jika terjadi kesenjangan mutu pendidikan akibat sarana dan prasarana yang timpang di antara perkotaan dan pedesaan atau di antara sekolah-sekolah yang ada.

Perpustakaan yang merupakan salah satu tempat untuk siswa dan guru mencari sumber belajar belum dianggap penting. Keberadaan perpustakaan hanya sekadar memenuhi syarat tanpa memperhatikan bagaimana seharusnya fasilitas perpustakaan disediakan dan bagaimana menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa dan guru untuk menumbuhkan minat baca.


BAB III

PEMBAHASAN


Gedung sekolah dapat memberikan gambaran yang jelas bagi masyarakat tentang baik buruknya pelayanan pendidikan yang ada di dalamnya.

Gedung sekolah yang terawatt dengan baiik akan memberikan gambaran pada masyarakat tentang pelayanan pendidikan yang tertib dan teratur.Sebaliknya gedung sekolah yang tidak terawat, rusak , halaman penuh rumput yang tidak teratur akan memberikan kesan bahwa mutu pendidikan yang ada di dalamnya tidak baik.

Di smping itu pembinaan /perawatan gedung sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting mengiat bahwa hamper seluruh waktu belajar siswa berlangsung di sekolah.Mereka hanya dapat belajar dengan baik apabila kondisi tempat belajarnya menyenangkan. Dengan gedung sekolah yang terawatt baik, anak -anak akan merasa senang dan mempunyai kebanggaan terhadap sekolahnya.

Perlengkapan dan peralatan sekolah juga merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi belajar dan mengajar. Guru tidak mungkin dapat mengajar dengan senang dan bersemangat dengan perlengkapan kuno dan rusak, peralatan yang kurang lengkap dsb. Oleh karena itu Pimpinan sekolah harus menaruh perhatian yang serius terhadap perlengkapan serta peralatan sekolah. Ia harus mampu mendorong guru-guru untuk bersama-sama memperhatikan masalah ini.









Dalam hal ini yang tidak boleh dilupakan oleh pimpinan sekolah ialah usaha-usaha pengadaan dana antara lain untuk keperluan :

- Penambahan ruang kelas atau ruang yang lain
- Rehabilitasi bagian-bagian yang rusak
- Perbaikan perlengkapan dan peralatan
- Penambahan perlengkapan dan peralatan
- Memodernisasikan perlengkapan dan peralatan , dll.

Di bawah ini penjelasan mengenai manfaat sarana prasarana pendidikan di sekolah.
Pendidikan berkualitas memerlukan tersedianya sarana prasarana yang memadai yakni :

1. Tata ruang yang baik
Pertama dimulai dari ruang tempat belajar. Ruang yang ideal memiliki tata ruang yang baik serta dilengkapi dengan pengatur udara dan sarana visual yang memadai. Tata ruang yang baik sangat menunjang pada optimalnya proses belajar mengajar.

2. Pendingin ruangan atau AC
Adanya pendingin ruangan memberi kenyamanan baik bagi siswa maupun pengajar.

3. Sarana Visual
Sarana visual yang modern dan up to date mempermudah proses transfer ilmu kepada siswa..

4. Ruang laboraturium
Laboratorium praktikum harus dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang memadai dan sesuai perkembangan teknologi. Laboratorium pendidikan harus mengacu pada perkembangan teknologi yang berkembang pesat seiring dengan masuknya berbagai teknologi maju disertai dengan peralatan-peralatan canggih..




5. Komputer dan Multimedia
Media pengajaran harus sudah memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Staf pengajar harus sudah memanfaatkan teknologi komputer dan multimedia. Misalnya, berbagai proses dalam tubuh akan lebih jelas bila diterangkan melalui animasi serta video-video yang sekarang banyak beredar dalam bentuk CD ROM atau lainnya. Selain itu teknologi multimedia dan digital memungkinkan kita menyimpan lebih banyak data dan informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan terbaru.

6. Perpustakaan
Fasilitas perpustakaan sebagai salah satu sarana dan prasarana di sekolah yang penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan adanya perpustakaan siswa mauoun pengajar akan lebih mudah dalam mencari data atau informasi dan menambah wawasan yang luas.

7. Kamera CCTV
Pemasangan CCTV di sekolah merupakan bentuk upaya untuk lembaganya memaksimalkan pengawasan melekat (waskat) terhadap semua komponen yang ada di sekolah. Tujuannya, agar guru dan pegawai makin meningkatkan kinerjanya. Sementara siswa diharapkan bisa belajar lebih baik.

Menurut saya tidak masalah kalau pihak sekolah mengawasi semua komponen yang ada di sekolah. Karena hal itu sudah semestinya dilakukan. “Tapi jangan terlalu masuk pada hal-hal yang sifatnya privat dan pribadi,”.

BAB IV
PENUTUP


KESIMPULAN

Sarana dan prasarana pendidikan sangatlah bermanfaat dan berperan penting untuk menunjang kelancaran proses pendidikan karena meskipun KBM ( kegiatan Belajar Mengajar ) sudah baik, namun tidak didukung dengan alat-alat atau sarana prasarana pendidikan maka hasil yang dicapai tidak akan sesempurna yang diharapkan.

Guru sangatlah berperan penting dalam proses administrasi pendidikan dan penggunaan atau manfaat sarana prasarana sangat mendukung seorang guru dalam KBM agar KBMnya bias berjalam dengan lancer dan baik sesuai dengan kurikulum

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, Sarana dan Prasarana pendidikan, (Jakarta: Rineka cipta 2002) h.28
Soetopo Hendyt dan Wasty Soemanto, Prasarana Pendidikan, (Jakarta: Usaha Nasional, 1988), h. 52
Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004). H. 174.
www.p2kp.org/pustaka/files/infra/buku-3-infra
http:www.scribd.com

http://kompas.co.id/read/xml/2008/05/29/16390550/function.session-start#

Diposkan oleh cute cat's di 23:11
Label: manajemen sarana dan prasarana

No comments:

Post a Comment

Post a Comment