Monday, August 2, 2010

BERWISATA SALJU DI SHIMLA INDIA


BERWISATA SALJU DI SIMLA INDIA

Berwisata ke Shimla, ibukota Provinsi Himachal Pradesh di India bagian utara akan membuat anda tidak akan melupakan India, itu karena keindahan alam dan kesejukan udaranya yang segar dan terus tetap terjaga hingga kini. Apalagi sekarang penerbangan murah banyak dari Indonesia ke India, sebut saja Air Asia penerbangan murah dan berkualitas, hanya jika anda memesan tiket dari jauhari anda akan disuguhkan harga yang mencengangkan, bayangkan anda hanya akan dikenakan biaya dibawah 2 juta rupiah persekali terbang ke Delhi India, meskipun transit dulu di LCCT Malaysia.
Setiba anda di Delhi, banyak teman-teman dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India yang akan membantu anda memberikan petunjuk bahkan mengantar anda ke Shimla dengan gratis (asal ongkos mereka ke simla anda yang traktir, maklum pelajar hehehe). Dari Delhi ibu kota India anda akan diajak ke stasiun kereta Old Delhi untuk melakukan perjalanan dengan kereta api selama Sembilan jam nonstop dengan Sebuah perjalanan yang memberikan pengalaman dan disuguhkan dengan pemandangan manakjubkan kemudian sepanjang jalan menuju Kalka, sekitar lima jam lamanya. Saat tiba di Kalka, hawa segar dan dingin terasa menusuk tulang, terutama jika anda sampai di pagi hari. Disini jangan lupa anda membawa jaket tebal dan sarung tangan serta sepatu yang tidak mudah lembab.
Selanjutnya anda menaiki kereta Shivalik Express yang selalu siap sedia mengantarkan anda melewati wilayah pegunungan menuju Shimla. Shivalik berarti rangkaian pegunungan Himalaya yang paling rendah. Shivalik Express tidak seperti kereta biasa karena bentuknya seperti kereta mainan namun kalau soal tenaga untuk menaiki rel yang menanjak anda tidak usah khawatir, kereta ini memiliki tenaga super hingga mampu mendaki pegunungan. Kereta antik Shivalik Express, dalam kereta ini sedikit menarik bukan saja karena bentuknya yang unik namun juga anda akan diberikan tempat duduk saling berhadapan dan setiap gerbong mempunyai seorang staf yang khusus menangani gerbong tersebut. Namun perlu diingat bahwa kereta Shivalik Express hanya berangkat di pagi hari dari Kalka menuju Shimla. Sepanjang perjalanan, selain dimanjakan dengan cantiknya pemandangan pegunungan, secangkir teh atau kopi panas sudah tersaji di hadapan anda. Dilengkapi menu sarapan.
Shimla adalah sebuah kota kecil ibukota Provinsi Himachal Pradesh yang terletak di ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan laut. Namun perlu diingat sebelum anda berangkat kesini, dipastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat, soalnya bagi anda yang biasa hidup didaerah tropis, dinginnya akan terasa menusuk tulang, apalagi saat winter (musim dingin).
Biasanya sekitar pukul 12 siang kereta akan tiba di Shimla. Seperti daerah wisata lainnya dibelahan dunia manapun yang ada di daerah pariwisata umumnya, para pengunjung akan disambut oleh para pemandu wisata ilegal. Jadi, saya menyarankan sebaiknya anda melakukan reservasi hotel lebih dulu, agar bisa bersantai sejenak dan menaruh barang-barang anda. Shimla City adalah tempat yang sangat nyaman untuk berjalan kaki. Khususnya di daerah The Ridge, The Mall, dan Scandal Point. Tiga daerah ini adalah daerah non vehicle. Kebijakan pemerintah dan masyrakat ini membuat Shimla bebas polusi. Udara sangat bersih dan segar. Lagipula, dengan berjalan kaki anda akan lebih menikmati rangkaian pegunungan yang bertingkat-tingkat dengan puncaknya adalah Pegunungan Himalaya yang tertutup salju abadi, adalah pemandangan indah yang akan anda temui. Selain itu deretan etalase toko yang berjajar sepanjang The Mall, menambah asyiknya acara "cuci mata" anda. Meskipun meskipun tergolong kota tua, Shimla City tetap "menyegarkan" mata. Pemerintah dan warga sangat menjaga keaslian bangunan yang sudah ada sejak India di jajah lnggris. Untuk menambah keunikan Shimla juga memiliki bangunan-bangunan tua tersebut bukan hanya dalam kondisi terawat, tapi juga tetap berfungsi hingga kini.
Ada beberapa tempat menarik lainnya yang tidak terlalu jauh dari Shimla City, yaitu Viceregal Lodge and Botanical Garden sekitar 5 km dari Scandal Poin, Himachal State Museum (3km arah barat Scandal Point) dan Jakhu Temple di utara kota Bila anda ingin mengunjungi Jakhu Temple, saat yang paling tepat adalah di pagi hari, karena udara masih sangat segar dan matahari tidak terlalu terik.
Jakhu Temple adalah kuil yang didedikasikan masyarakat setempat untuk memuja dewa kera, Hanuman. Sehingga jangan kaget kalau banyak kera berkeliaran di sekitar kuil ini. Hati-hati! Karena mereka bisa tiba-tiba menjadi garang dan menyerang para pengunjung. Untungnya sebelum memasuki kuil, anda bisa menyewa tongkat untuk menghalau kera-kera tersebut.
Setibanya di kuil, lama dan capek perjalanan anda tidak adakn terasa bila anda beristirahat sambil menikmati pemandangan. Ada beberapa bangku taman untuk anda duduk-duduk beristirahat sambil menghirup udara segar dari sekeliling hutan yang mengelilingi kuil. Kuil ini adalah puncak tertinggi di utara The Ridge. Dari kuil ini, kita bisa melihat pemandangan Shimla City di bagian bawah dan begitu juga dengan puncak bersalju Himalaya.

Indrayanto, S.Pd, M.Pd
Student The Foreign Languages English University
Hyderadad Andhra Prades India

No comments:

Post a Comment