Thursday, August 5, 2010

KULIAH GRATIS DI SWEDIA


KULIAH GRATIS DI SWEDIA

By Indrayanto

Kenapa Studi di Swedia?

Swedia adalah salah satu negara kaya di dunia dengan kondisi lingkungan yang relatif aman dan memiliki iklim pendidikan yang sangat mendukung semangat belajar dengan fasilitas modern, perpustakaan, dan tenaga pengajar yang berpengalaman. Penghargaan Nobel Prize yang bergengsi dianugerahkan tiap tahunnya di Stockholm Concert Hall setiap tahunnya pada bulan Desember yang kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan di Balai Kota (Stadshuset). Siswa internasional yang belajar di Stockholm akan diundang oleh Dewan Kota Stockholm untuk menghadiri jamuan makan malam di Stadshuset pada semester pertama studi. Hal ini merupakan keistimewaan tersendiri mengingat pada hari biasa Stadshuset berfungsi sebagai objek wisata untuk umum dan ada tiket masuk tetapi tidak ada jamuan makan.

Yang paling penting dari itu semua, sampai saat ini tidak ada biaya kuliah alias GRATIS alias tidak ada tuition fee atau alias lainnya di Swedia tanpa memandang kewarganegaraan seseorang (Lihat no. 9). Hal ini memungkinkan siapa saja yang mampu berbahasa Inggris dan memiliki kemauan untuk maju dan membangun bangsa bisa merasakan kuliah di negeri orang.

2. Kapan saya bisa belajar di Swedia?

Anda bisa belajar di Swedia untuk setiap jenjang pendidikan yang diinginkan mulai dari S1, S2 atau S3.

3. Apa yang bisa saya pelajari di Swedia?

Sebagai negara maju, hampir semua bidang pendidikan tersedia di Swedia. Ilmu alam, teknik, musik, teater, bahasa, sosial politik atau ekonomi. Semua diajarkan oleh tenaga pengajar yang profesional (berdasarkan pengalaman pribadi).

4. Apakah saya harus bisa bahasa Swedia?

Secara umum Anda tidak perlu bisa berbahasa Swedia untuk bisa belajar di sini asalkan Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai karena hampir semua penduduk Swedia mampu berbahasa Inggris dengan baik dan banyaknya program pendidikan yang diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Untuk S1 tersedia beberapa program yang diadakan dalam Bahasa Inggris dan bisa dilihat di sini, program S2 banyak yang tersedia dalam Bahasa Inggris dan hampir untuk semua jurusan. Sedangkan untuk program S3 pada umumnya Anda dapat selalu menggunakan Bahasa Inggris.

Sebagai mahasiswa asing biasanya Anda bisa belajar bahasa Swedia dengan gratis di institusi anda masing – masing bila mereka mempunyai Departemen Bahasa. Pengalaman saya selama kuliah di Universitas Stockholm, dari kursus Bahasa Swedia saya juga mendapatkan kredit yang bisa dipakai untuk kelas pilihan.

5. Bagaimana saya membuktikan kemampuan berbahasa Inggris?

- Hasil tes TOEFL dengan nilai minimal 550 untuk paper-based, 213 untuk computer-based dan 79 untuk internet-based.

- Hasil tes IELTS dengan minimal overall score 6.0 dan tidak ada band dengan nilai kurang dari 5.0.

- Persyaratan ini biasanya dihapuskan bila Anda pernah mengenyam pendidikan tinggi yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar selama minimal 3 tahun. Dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari Registrar.

* Note : Ini hanya panduan secara umum dan untuk keterangan lebih pasti bisa ditanyakan lebih lanjut ke institusi yang dituju.

6. Bagaimana sistem pendidikan di Swedia?

Dalam 1 tahun ajaran biasanya siswa mendapat 40 poin yang terbagi menjadi 2 semester (Spring dan Autumn Semester), masing – masing 20 poin. Terkadang ada semester pendek pada musim panas (Summer Semester) dan siswa bisa mendapatkan 10 poin. 1 poin berarti 1 minggu kegiatan belajar mengajar jadi 1 semester terdiri dari 20 minggu. Autumn semester berkisar antara akhir Agustus – akhir Januari dan Spring Semester berkisar antara akhir Januari – awal Juni.

Berbeda dengan sistem perkuliahan di tanah air dimana beberapa mata pelajaran diberikan secara paralel dalam satu semester dan kemudian ada UTS dan UAS dimana masing – masing mata pelajaran juga diujikan, Swedia menggunakan sistem seri. Dimana pada setiap waktunya siswa hanya menerima 1 mata kuliah yang besarnya bervariasi dan pada umumnya ialah 5, 10 atau 20p tetapi unit-unit dengan 3, 6, 9p jg mungkin diberikan. Ujian diberikan pada minggu terakhir biasanya pada hari Kamis atau Jumat dan pada hari Senin berikutnya siswa sudah mengikuti pelajaran lain. Hasil ujian akan diumumkan paling lambat 1 minggu dan kertas ujian biasanya akan dikembalikan sehingga siswa bisa melihat kembali hasil kerja mereka. Ujian juga tidak melulu tertulis namun bisa juga berupa karya tulis, presentasi, ataupun diskusi dalam kelompok.

Untuk sekarang ini nilai dimasukkan dalam 3 kategori, U (gagal), G (lulus), VG (lulus dengan cemerlang) tetapi ada beberapa departemen yang hanya menyatakan lulus (G) atau tidak lulus (U). Mulai tahun ajaran 2007/2008 akan diperkenankan sistem nilai yang baru yakni A, B, C, D, E, F, dan Fx dimana huruf A-E masih menyatakan lulus sedangkan F dan Fx tidak lulus.

7. Apa artinya ECTS?

Di Eropa sedang diadakan reformasi dalam bidang pendidikan untuk menstandarisasi sistem pendidikan dan juga untuk menghilangkan keterbatasan fasilitas pendidikan. ECTS yang merupakan singkatan dari European Credit Transfer and Accumulation System akan digunakan oleh institusi pendidikan yang ikut menandatangani Bologna Declaration. 1 tahun ajaran terdiri dari 60 ECTS dan 1 poin = 1,5 ECTS. Mulai tahun ajaran 2007/2008 ECTS akan digunakan secara luas dalam institusti pendidikan Swedia.

8. Gelar apa yang akan saya dapatkan?

Berkaitan dengan Bologna Process maka sistem gelar di Swedia juga akan mengikuti perkembangan di Eropa dengan formula 3+2+3. Bachelor (S1) 3 tahun, Master (S2) 2 tahun, dan Doctoral (S3) 3 tahun mulai tahun ajaran 2007/2008. Namun dalam kenyataannya masih terdapat banyak variasi lamanya program Doctoral antara 4-5 tahun dan syarat masuknya juga berbeda – beda.

Dalam dunia pendidikan Swedia, setelah 3 tahun kuliah siswa berhak mendapat gelar Kandidatexamen, setelah 4 tahun mendapat Magisterexamen (sering dianggap sebagai gelar master untuk lingkup Swedia tetapi tidak diakui secara internasional), 5 tahun kuliah mendapat Masterexamen (berdasarkan sistem yang baru ini dan merupakan gelar master yang diakui secara internasional).

Untuk tingkat S3 atau doktoral masih banyak departemen yang memiliki program selama 4 atau 5 tahun. Dan dalam sistem yang sekarang setelah melewati 2 tahun pertama akan ada semacam ujian untuk mendapatkan Licenciate Degree (licenciatexamen) dan diakhir tahun ke-4 atau ke-5 ada ujian akhir untuk mendapatkan gelar doktoral (doktorsexamen). CATATAN : Semua siswa S3 akan mendapatkan gaji dari departemen masing – masing. Dan ini pasti, jadinya tidak seperti S2 dimana Anda harus mencari beasiswa sendiri.

9. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di Swedia?

Sampai sekarang ini tidak ada biaya kuliah di Swedia. Namun, setiap siswa wajib menjadi anggota Organisasi Mahasiswa (Studentkår) setempat dan biayanya berkisar SEK 300 – 500 per semester (SEK 1 = Rp. 1300). Bila Anda tidak terdaftar maka nilai Anda tidak akan bisa dimasukkan dalam database universitas.

Untuk mendapatkan ijin tinggal (residence permit/ Uppehålstillstånd), Anda akan diminta untuk menunjukkan kemampuan financial sebesar SEK 7300 per bulan untuk minimal 10 bulan pertama. SEK 7300 lebih dari cukup untuk biaya akomodasi, makan, hiburan, komunikasi, dan perlengkapan kuliah dan tergantung dari gaya hidup masing – masing siswa biasanya akan ada uang sisa yang bisa disimpan. Dari laporan beberapa mantan mahasiswa biaya hidup perbulan dapat ditekan sampai dengan SEK 3000 per bulan dengan cara berbagi tempat tinggal dengan mahasiswa lain, makan masakan sendiri, dan tidak banyak pesta karena harga minuman alkohol di sini sangat mahal dan ada beberapa tempat yang mengenakan biaya masuk. Jadi mahal atau tidaknya hidup di Swedia itu tergantung Anda sendiri

183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

10. Apakah tersedia beasiswa?

Pada umumnya institusi pendidikan tidak menyediakan beasiswa karena tidak adanya biaya pendidikan, namun untuk menutupi tingginya biaya hidup di Swedia pemerintah Swedia memberikan beberapa paket beasiswa yang secara lengkap bisa dilihat di sini.

11. Beasiswa biasanya hanya untuk siswa berprestasi, tetapi IP saya tidak terlalu bagus bahkan cenderung memalukan. Apakah mungkin saya dapat beasiswa?

Semua orang pernah jatuh, tetapi yang penting ialah semangat untuk bangkit kembali. Biasanya dalam proses aplikasi Anda akan diminta untuk membuat sebuah karangan tentang motivasi Anda dalam mengambil program pendidikan di Swedia, apa manfaatnya untuk Anda dan untuk masyarakat di tanah air. Karangan ini biasanya berperan lebih penting dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya karena Swedia memiliki perhatian yang besar terhadap negara miskin dan negara berkembang seperti negara kita, Indonesia.

12. Bagaimana memperoleh akomodasi di Swedia?

Anda bisa mendaftarkan diri di SSSB untuk Stockholm dan untuk kota lainnya bisa ditanyakan kepada institusi pendidikan yang dituju. Bila mendekati keberangkatan Anda masih belum juga mendapatkan akomodasi, silahkan menghubungi saya atau pihak universitas untuk mengatur atau mempersiapkan akomodasi sementara bagi Anda.

13. Saya tidak terbiasa dengan makanan barat, apakah ada makanan Asia atau Indonesia?

Anda sebaiknya memiliki kemampuan masak minimal seperti menanak nasi atau goreng telor. Bahan – bahan makanan bisa didapatkan di supermarket, toko Oriental, atau koperasi KBRI.

14. Bagaimana cuaca di Swedia?

Pada musim dingin sekitar bulan November – Februari akan turun salju dan suhu berkisar antara -40°C di utara dan -10°C di selatan. Siapkan pakaian yang secukupnya untuk menghindari masuk angin. Memasuki bulan Maret suhu udara akan bergerak naik dan salju akan mulai mencair. Pada musim semi antara Maret dan Mei suhu akan bergerak naik sampai 20°C dan akan terus bergerak naik lebih dari 30°C pada musim panas. Suhu akan kembali turun saat memasuki bulan Agustus.

15. Apakah saya harus lapor diri setelah tiba di Swedia?

Lapor diri bukan suatu kewajiban namun sangat disarankan untuk segera melaporkan diri ke KBRI Stockholm sesegera mungkin. Dengan demikian KBRI mempunyai data yang akurat mengenai WNI yang bermukim di Stockholm dan bila sewaktu-waktu diadakan evakuasi Anda akan ikut dalam daftar. Pada waktu PEMILU maka Anda juga akan mendapat kartu suara.

16. Bagaimana saya bertemu dan berkomunikasi dengan orang Indonesia di Swedia?

Kami, warga Indonesia di Swedia, memiliki mailing list untuk berkomunikasi yang dinamakan Rumah Indonesia di yahoogroups. Melalui mailing list ini Anda akan mendapatkan informasi terkini mengenai kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di Swedia baik atas dasar inisiatif pribadi, kelompok maupun KBRI.

Masyarakat Indonesia di sini juga dapat berkumpul dalam acara rutin seperti bulutangkis tiap hari Sabtu atau tenis tiap hari Jumat. Bagi Anda yang baru akan datang ke Swedia dan berminat untuk ikut serta dalam kegiatan olahraga disarankan untuk membawa perlengkapan olahraga pribadi. Biaya sewa lapangan ditanggung oleh KBRI.

17. Apakah saya bisa bekerja paruh waktu?

Pada umumnya kemampuan berbahasa Swedia diperlukan untuk mencari pekerjaan karena pengumuman lowongan pekerjaan biasanya diberikan dalam Bahasa Swedia. Namun tidak tertutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan pekerjaan hanya dengan menggunakan Bahasa Inggris di beberapa tempat seperti Bar milik Studentkår (Studentunion) atau bila Anda memiliki koneksi orang dalam.

18. Apakah saya harus mempunyai asuransi kesehatan ?

Biaya kesehatan di Swedia sangat tinggi dan tidak akan terjangkau untuk para pelajar. Namun demikian untuk pelajar yang akan studi di Swedia lebih dari 1 tahun (365 hari), kalian berhak mendapatkan nomor penduduk Swedia (Swedish personnummer atau beberapa orang menyebutnya Social Security Number). Memiliki nomor penduduk berarti Anda sudah berada dalam sistem kehidupan di Swedia dan Anda berhak atas pengobatan yang sangat murah atau mungkin gratis, dengan perlakuan sama seperti untuk orang Swedia. Untuk mereka yang studi di AS atau di Australia seperti saya tentunya mengerti bahwa kita harus memiliki Asuransi Kesehatan terlebih dahulu sebelum memulai kuliah.

19. Lalu bagaimana cara mendapatkan Swedish personnummer?

Silahkan datang langsung ke kantor pajak terdekat (Skatteverket) dengan membawa Paspor dan Letter of Admission dari Universitas. Kemudian tanyakan kepada bagian informasi bahwa Anda ingin mendapatkan Swedish personnummer. Mereka akan memberikan detail lebih lanjut. Tidak ada pungutan biaya.

20. Apa yang bisa saya lakukan saat di waktu senggang?

Swedia adalah perpaduan yang unik antara kota tua dan modern. Bila Anda menikmati jalan-jalan di shopping mall bisa dilakukan di pusat kota dan disini ada gerai yang bernama H&M dimana pakaian yang dijual tidak terlalu mahal tetapi berkualitas dan didesain oleh orang – orang terkenal seperti Madonna (tidak nyambung ya?!). Khususnya kota Stockholm, banyak bangunan bersejarah yang sangat indah dan tua dan sangat romantis saat berjalan di tengah kota yang dibelah oleh sungai yang memantulkan cahaya matahari terbenam.

Selain itu juga Anda bisa pergi jauh sedikit dari pusat kota untuk menikmati suasana pedesaan lengkap dengan peternakan kudanya. Kalau beruntung mungkin bisa berkenalan dengan pemiliknya dan mencoba untuk menunggang kuda di alam bebas. Mungkin serasa di Puncak atau Bandung yah?!

Di musim dingin Anda bisa mencoba ice skating di alam bebas juga, tidak di dalam mall seperti di Taman Anggrek. Bila Anda punya sepatu sendiri maka bisa langsung digunakan dan tidak ada biaya tambahan untuk menggunakan lapangan. Kalau tidak punya sepatu bisa sewa seharga SEK 40 untuk satu hari. Asal jangan sampai beku di luar saja. Swedia juga terkenal dengan Northern Light (kalau tidak salah eja), yaitu suatu pemandangan berupa lintangan cahaya mungkin semacam bintang jatuh tetapi sangat terang yang bisa dilihat dari sebelah utara Swedia (Peringatan : Pakai baju setebal mungkin !! Prepare for the worst!).

Musim panas juga sangat indah disini dan sangat hangat (baju 1 lapis dijamin cukup), banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berlayar, memancing atau sekedar mandi sinar matahari. Orang Swedia sangat menikmati musim panas dan untuk selengkapnya bisa Anda tanyakan kepada teman – teman Swedia setibanya Anda disini.

21. Kalau Swedia kasih pendidikan gratis. Kalau Swedia punya pendidikan bermutu tinggi. a)Kenapa kalah terkenal dengan Australia atau Amerika? b)Kenapa lantas tidak banyak orang berbondong-bondong ke Swedia?

a) Mungkin Anda juga berpikiran sama dengan banyak teman-teman yang menanyakan hal – hal tersebut dalam hati atau kepada saya. Jawab saya, bagi Australia, Amerika atau Inggris pendidikan sudah dijadikan sebagai bisnis terlebih lagi untuk orang asing. Karena itu mereka harus rajin mensosialisasikan dalam bentuk – bentuk pameran pendidikan, iklan, dan lain – lain. Namun di Swedia yang menganut sistem sosialis, pendidikan adalah hak asasi manusia tanpa memandang dari mana mereka berasal dan seseorang yang melakukan kegiatan sosial dengan tulus tentunya tidak perlu membesar-besarkan hal tersebut.

Pada kenyataannya banyak mahasiswa yang datang dari Filipina, Thailand, RRC, negara-negara Eropa timur dan banyak negara di Afrika. Mereka datang ke sini karena mereka tahu adanya pendidikan gratis dan bermutu disini. Sedangkan generasi muda kita lebih cenderung memilih gengsi dengan studi di 3 negara yang saya sebutkan di atas.

b) Ada beberapa alasan yang bisa saya kemukakan. Pertama, minimnya informasi mengenai pendidikan gratis di Swedia. Dulu banyak mahasiswa Indonesia yang ke Jerman karena berita mengenai pendidikan gratis di Jerman dikabarkan secara terus menerus oleh Goethe Institut. Sedangkan Swedia tidak memiliki lembaga semacam itu. Kedua, homesick. Banyak mahasiswa/i ataupun calon mahasiswa/i takut tidak mampu menahan rasa rindu untuk pulang kampung. Maaf ! Tidak ada gading yang tak retak. Anda harus berani berkorban. Ketiga, orang tua yang terlalu memanjakan anaknya. Takut anaknya sakit tanpa sanak saudara. Takut anaknya tidak punya teman. Takut anaknya harus masak masakan sendiri. Takut anaknya harus bersepeda atau jalan kaki untuk pergi kuliah. Dlsb. Hej orang tua ! Didiklah anakmu dengan bijaksana ! Terakhir, takut dingin. Hanya orang bodoh yang tidak dapat bertahan di musim dingin. Dengan pakaian yang cukup maka musim dingin pun terasa seperti musim panas.

22. Kayaknya saya tertarik belajar ke Swedia. Apa yang harus saya persiapkan sekarang ?

Pertama, pastikan Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai (lihat kembali no. 5 di atas). Bila belum mencukupi silahkan berhenti disini.

Kedua, silahkan kunjungi www.studyinsweden.se untuk mencari program pendidikan yang sesuai dengan Anda. Pihak Swedia mengklaim bahwa website ini berfungsi sebagai one-stop service untuk masalah pendidikan.

Ketiga, ikuti prosedur pendaftaran yang ditetapkan pihak Universitas atau Sekolah Tinggi. Perhatikan tanggal terakhir pendaftaran ! Bila Anda mengirimkan dokumen dari Indonesia sebaiknya yang tercatat atau gunakan jasa kurir. Biasanya bila Anda DITERIMA, satu bulan setelah pendaftaran ditutup mereka akan mengeluarkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance) yang di dalamnya tercantum beberapa hal penting seperti Nama Lengkap (sama dengan paspor), Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Program Pendidikan, Syarat Finansial, Tanggal Mulai Program.

Keempat, Letter of Acceptance adalah syarat utama untuk meminta visa. Keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

Kelima, pada umumnya institusi pendidikan hanya membantu mencarikan akomodasi bagi siswa yang mengikuti program pertukaran pelajar. Anda yang tidak masuk dalam kelompok ini masih bisa minta bantuan mereka tetapi tidak mendapat prioritas. Untuk akomodasi silahkan lihat kembali no. 12 di atas.

Keenam, setahu saya sampai saat ini tidak ada pesawat dari Indonesia yang langsung ke Swedia. Belum lagi, baru – baru ini Uni Eropa melarang pesawat Indonesia untuk terbang ke Eropa. Pada umumnya maskapai penerbangan mempunyai harga khusus untuk pelajar namun terbatas. Jadi, silahkan hubungi agen perjalanan terdekat setelah menerima Surat Penerimaan. Saya sendiri selalu berangkat dari Singapura dengan Thai Airways (Singapore-Bangkok-Stockholm) atau Qantas (Singapore – London – Stockholm). Thai Airways memiliki waktu perjalanan yang lebih singkat, namun Qantas memiliki menu makanan yang lebih enak dan fasilitas hiburan yang lebih dalam kabin. Saya menyarankan Anda untuk membeli tiket dari Jakarta (atau kota lain di Indonesia) ke Singapura. Kemudian dari Singapura ke Stockholm tiketnya bisa dicari dari Qantas, Zuji, atau Misa Travel.

23. Saya sudah mendapatkan visa, akomodasi, dan tiket. Siap berangkat. Apa saja yang harus saya bawa dalam bagasi yang terbatas?

– Pakaian untuk musim panas dan musim dingin.

– Seprai dan selimut (biasanya tidak disediakan pihak akomodasi)

– Makanan. Tidak perlu bawa Chiki atau Taro, tetapi silahkan bawa bumbu jadi seperti Munir atau Indofood karena mahal disini. (Lihat juga no. 13)

– Pernak – pernik. Silahkan bawa foto – foto dengan keluarga, teman atau si yayang. Lumayan untuk mengobati rindu.

– Obat – obatan. Harga obat lumayan mahal di sini dan mungkin tidak cocok dengan Anda yang biasa minum jamu (seperti saya). Tetapi saya berharap Anda tidak pernah sakit di sini.

– Komunikasi. Telepon genggam pasti semua punya, paling tidak lumayan untuk sms-an. Silahkan bawa laptop, jangan PC. Jangan lupa locker untuk laptop, walaupun Swedia aman secara umum tetapi sudah banyak imigran di sini.

– Masih ada sisa bagasi ? Terserah Anda mau di isi apa asal tidak meneror seisi pesawat.

24. Apakah ada PPI di Swedia?

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Swedia baru ada hanya dalam bentul mailing list dan masih butuh bantuan kalian yang baru datang di Swedia untuk membawa PPI dari dunia maya ke dunia nyata.

Bagi mereka yang sudah diterima di salah satu pendidikan tinggi di Swedia silahkan bergabung dengan mailing list PPI-Swedia. Dalam mailing list ini nanti kalian bisa berkomunikasi lebih lanjut dengan pelajar yang sudah ada di Swedia dan mungkin untuk minta info tambahan yang tidak kalian dapatkan melalui tulisan saya (EST) ini.

This article is taken from : http://spk_edwin_st.blogs.friendster.com/edwin_is_here/2007/04/serbaserbi_stud.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment